Analisis Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS dengan Tema Keberagaman Suku Bangsa di SD Negeri 091578 Dolok Sinumbah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9262Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Tema Keberagaman Suku Bangsa Di SD Negeri 091578 Dolok Sinumbah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara yang membahas tentang implementasi kurikulum 2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dalam hal-hal tertentu guru tidak memberikan pelaksanaan pembelajaran yang sesuai, seperti dalam melakukan kegiatan pendahuluan, guru tidak memberikan motivasi belajar kepada peserta didik. Pada tahap inti, guru tidak memanfaatkan media pembelajaran dan hanya menggunakan bahan ajar. Kemudian pada tahap kegiatan penutup, guru tidak memberikan kesimpulan pembelajaran dan informasi rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.Downloads
Published
2022-11-24
How to Cite
Pakpahan, R. G. ., Purba, N. ., & Panjaitan, M. B. . (2022). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS dengan Tema Keberagaman Suku Bangsa di SD Negeri 091578 Dolok Sinumbah . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6082–6091. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9262
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ronny Gindo Pakpahan, Natalina Purba, Muktar B. Panjaitan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).