Analisis Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS dengan Tema Keberagaman Suku Bangsa di SD Negeri 091578 Dolok Sinumbah

Authors

  • Ronny Gindo Pakpahan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Natalina Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Muktar B. Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9262

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Tema Keberagaman Suku Bangsa Di SD Negeri 091578 Dolok Sinumbah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara yang membahas tentang implementasi kurikulum 2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dalam hal-hal tertentu guru tidak memberikan pelaksanaan pembelajaran yang sesuai, seperti dalam melakukan kegiatan pendahuluan, guru tidak memberikan motivasi belajar kepada peserta didik. Pada tahap inti, guru tidak memanfaatkan media pembelajaran dan hanya menggunakan bahan ajar. Kemudian  pada tahap kegiatan penutup, guru tidak memberikan kesimpulan pembelajaran dan informasi rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.

Downloads

Published

2022-11-24

How to Cite

Pakpahan, R. G. ., Purba, N. ., & Panjaitan, M. B. . (2022). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS dengan Tema Keberagaman Suku Bangsa di SD Negeri 091578 Dolok Sinumbah . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6082–6091. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9262

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>