Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Membaca Bahasa Indonesia Kelas II di SD Negeri 091446 Saribujawa

Authors

  • Rahmat P Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Natalina purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Radode Kristianto Simarmata Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9208

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi membaca bahasa Indonesia kelas II di SD Negeri 091446 Saribujawa. Tujuannya untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi literasi membaca bahasa Indonesia kelas II di SD Negeri 091446 Saribujawa. Jumlah Sampel yang di teliti 23 siswa, 11 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, observasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Faktor internal yang menyebabkan rendahnya minat membaca siswa kelas II SD Negeri 091446 Saribujawa yaitu: a) Kemampuan siswa memahami isi bacaan meliputi 47,82% siswa yang tidak lancar membaca, Dan 57,17% siswa masih kesulitan memahami apa makna yang terkandung dalam bacaan. 2) Faktor eksternal yang menyebabkan rendahnya minat membaca siswa kelas II SD Negeri 091446 Saribujawa yaitu: a) Lingkungan sekolah di SD Negeri 091446 belum mendukung untuk mengembangkan minat baca siswa. b) Perpustakaan sekolah yang menyatu dengan kantor guru. c) Keterbatasan buku/bahan bacaan menjadi d) Peran guru kurang maksimal. e) Lingkungan keluarga siswa kurang mendukung, disebabkan kurangnya dorongan orang tua. f) Siswa terpengaruh karena perkembangan teknologi.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Panjaitan, R. P. ., purba, N. ., & Simarmata, R. K. . (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Membaca Bahasa Indonesia Kelas II di SD Negeri 091446 Saribujawa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5802–5806. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9208

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>