Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Membaca Bahasa Indonesia Kelas II di SD Negeri 091446 Saribujawa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9208Abstract
Penelitian ini membahas tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi membaca bahasa Indonesia kelas II di SD Negeri 091446 Saribujawa. Tujuannya untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi literasi membaca bahasa Indonesia kelas II di SD Negeri 091446 Saribujawa. Jumlah Sampel yang di teliti 23 siswa, 11 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, observasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Faktor internal yang menyebabkan rendahnya minat membaca siswa kelas II SD Negeri 091446 Saribujawa yaitu: a) Kemampuan siswa memahami isi bacaan meliputi 47,82% siswa yang tidak lancar membaca, Dan 57,17% siswa masih kesulitan memahami apa makna yang terkandung dalam bacaan. 2) Faktor eksternal yang menyebabkan rendahnya minat membaca siswa kelas II SD Negeri 091446 Saribujawa yaitu: a) Lingkungan sekolah di SD Negeri 091446 belum mendukung untuk mengembangkan minat baca siswa. b) Perpustakaan sekolah yang menyatu dengan kantor guru. c) Keterbatasan buku/bahan bacaan menjadi d) Peran guru kurang maksimal. e) Lingkungan keluarga siswa kurang mendukung, disebabkan kurangnya dorongan orang tua. f) Siswa terpengaruh karena perkembangan teknologi.Downloads
Published
2022-11-22
How to Cite
Panjaitan, R. P. ., purba, N. ., & Simarmata, R. K. . (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Membaca Bahasa Indonesia Kelas II di SD Negeri 091446 Saribujawa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5802–5806. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9208
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rahmat P Panjaitan, Natalina purba, Radode Kristianto Simarmata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).