Pengaruh Disiplin Siswa terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas V SD Negeri 173265 Onan Hasang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8008Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 173265 Onan Hasang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel jenuh, dimana jumlah populasi sebanyak 21 siswa di kelas V SD Negeri 173265 Onan Hasang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan jenis tertutup dan test yang disusun secara terstruktur serta diikuti dengan kolom pertanyaan dan jawaban yang terdiri dari empat pilihan jawaban. Adapun analisis yang digunakan terhadap data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda, uji regresi liniear sederhana, uji koefisien determinan, uji F dan uji (t). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini, maka hasil penelitian atau temuan dalam penelitian ini adalah disiplin siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar PKn yang diketahui melalui uji F dengan jumlah fhitung 6,415. Selanjutnya hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan disiplin siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 173265 Onan Hasang yang diperoleh melalui uji (t) dengan nilai thitung 2,533. Adapun jumlah pengaruh yang diberikan variabel bebas disiplin siswa terhadap variabel terikat prestasi belajar PKn siswa adalah 0,252.Downloads
Published
2022-10-27
How to Cite
Simorangkir, J. ., Panjaitan, M. B. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Disiplin Siswa terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas V SD Negeri 173265 Onan Hasang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8183–8191. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8008
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Johannes Simorangkir, Muktar B. Panjaitan, Hetdy Sitio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).