Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Kelas V SD Negeri 124394 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9131Abstract
Penelitian bertujuan untuk untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran kooperative Tipe Take and Give terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Kelas V UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar sebanyak 22 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes pretest dan tes posttest yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap hasil belajar siswa pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Kelas V UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan analisis data nilai posttest dengan menggunakan uji-t di dapat thitung > ttabel yaitu dengan nilai 4.736>1.717 maka Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperative tipe take and give terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Kelas V UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar.Downloads
Published
2022-11-20
How to Cite
Purba, Y. N. ., Sirait, J. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Kelas V SD Negeri 124394 Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5343–5351. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9131
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yosua Nagara Purba, Jumaria Sirait, Yanti Arasi Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).