Pengaruh Metode Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Tematik Subtema Hidup Rukun di Sekolah pada Siswa Kelas II UPT SD Negeri 13 Pahang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7853Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar Tematik subtema hidup rukun di sekolah pada siswa kelas 2 UPT SD Negeri 13 Pahang. Peneliti ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2A dan kelas 2B UPT SD Negeri 13 Pahang sebanyak 25 siswa di kelas eksperimen dan 25 siswa di kelas kontrol. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa di kelas eksperimen dan 25 siswa di kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah pretest dan posttest berupa soal pilihan berganda yang telah dilakukan uji validasi dan realibilitas. Hasil penelitian pada taraf 0,05 menunjukkan bahwa: adanya pengaruh metode Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa subtema hidup rukun di sekolah pada kelas 2 UPT SD Negeri 13 Pahang. Berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, di mana Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan metode Think Pair Share dengan peningkatan hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan metode Think Pair Share.Downloads
Published
2022-10-23
How to Cite
Nainggolan, E. ., Sidabutar, Y. A. ., & Pasaribu, S. . (2022). Pengaruh Metode Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Tematik Subtema Hidup Rukun di Sekolah pada Siswa Kelas II UPT SD Negeri 13 Pahang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7072–7082. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7853
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Eriyanti Nainggolan, Yanti Arasi Sidabutar, Sunggul Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).