Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku di Kelas IV SD Negeri 097319 Siopat Suhu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8136Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada subtema 3 pekerjaan orang tuaku di kelas IV SD Negeri 097319 Siopat Suhu. Hasil belajar merupakan hasil dari interaksi tindak belajar dan mengajar. Rendahnya hasil belajar bisa terjadi karena siswa yang tidak peduli terhadap pembelajaran dan metode mengajar guru yang tidak tepat. Model tipe jigsaw adalah model pembelajaran yang menitikberatkan pada kerja kelompok siswa dalam kelompok kecil. Siswa akan melakukan kegiatan belajar dengan bekerja sama bersama siswa lainnya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan rancangan one-group pretest posttest. Populasi ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 097319 Siopat Suhu. Berdasarkan hasil analisis data pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka diperoleh nilai rata-rata pretes siswa adalah 59,5 dan nilai rata-rata posttest adalah 70,7 serta terlihat nilai thitung>ttabel, dimana 4,828>2,063, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada subtema 3 pekerjaan orang tuaku di kelas IV SD Negeri 097319 Siopat Suhu.Downloads
Published
2022-11-01
How to Cite
Manurung, R. ., Sirait, J. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku di Kelas IV SD Negeri 097319 Siopat Suhu . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 224–233. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8136
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Reni Manurung, Jumaria Sirait, Yanti Arasi Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).