Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 4 Subtema 2 di Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7754Abstract
Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap individu agar tercapainya sebuah cita-cita dan keinginan. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa hanya fokus memahami isi buku dan mendengar penjelasan guru tanpa adanya contoh berupa gambar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada tema 4 subtema 2 di kelas IV SD Negeri 097319 Siopat Suhu TA 2022/2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan rancangan One Grup Pretest-Posttest. Dimana pada penelitian ini hanya menggunakan satu kelas eksperimen tanpa menggunakan kelas control. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negri 097319 Siopat Suhu yang berjumlah 25 orang dimana yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 10 kali pertemuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berbentuk pilihan berganda. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.Hal ini diketahui dari pemerolehan nilai thitung>ttabel (4,248>2,063) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada tema 4 subtema 2 di kelas IV SD Negeri 097319 Siopat Suhu TA 2022/2023.Downloads
Published
2022-10-20
How to Cite
Sijabat, M. ., Sirait, J. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 4 Subtema 2 di Kelas IV SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6566–6575. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7754
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mawar Sijabat, Jumaria Sirait, Yanti Arasi Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).