Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7757Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh kelas v dengan model pembelajaran TGT. Penelitian ini adalah jenis metode penelitian kuantitatif melalui pendekatan penelitian pre-experimental. Penelitian ini menggunakan dua bentuk design yaitu one-group pre-test dan post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 091254 Batu Onom dengan jumlah 30 siswa tahun ajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat nilai rata-rata pre-test yaitu 52.83. Kemudian meningkat pada nilai rata-rata post-test yaitu 73.50 dengan menggunakan model teams games tournament (tgt) terhadap hasil belajar siswa kelas v. Tahap uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Sedangkan uji hipotesis (uji-t) menggunakan uji paired samples test. Dalam proses perhitungan menggunakan bantuan program SPSS 25.0 for windows. Hasil perbandingan pretest dan posttest memiliki nilai sig sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 . Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara nilai rata-rata pre-test dan post-test terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 091254 Batu Onom pada tema 3Makanan Sehat subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh pembelajaran 1,2 dan 3.Downloads
Published
2022-10-20
How to Cite
Sitepu, M. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh Kelas V SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6599–6606. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7757
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Maherni Sitepu, Rio Parsaoran Napitupulu, Yanti Arasi Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).