Pengaruh Media Aplikasi Tiktok terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah Kelas III SD Negeri 122345 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8405Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media aplikasi tik tok terhadap hasil belajar siswa pada Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah Kelas III SD Negeri 122345 Pematang siantar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam desain penelitian menggunakan Pre-Experimental Designs, yaitu One-Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III sebanyak 24 siswa. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest yaitu 59,5 dan rata-rata nilai postest adalah 75,33. Berdasarkan hasil pengujian terkait ada tidaknya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dapat dilihat bahwa nilai signifikansi 0,00 < 0,05, thitung > ttabel yakni 4,905 > 1.713. Hal ini menandakan bahwa secara statistik, media aplikasi tik tok berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh media aplikasi tik tok terhadap hasil belajar siswa pada Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah Kelas III SD Negeri 122345 Pematangsiantar.Downloads
Published
2022-11-06
How to Cite
Purba, T. A. D. ., Sirait, J. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Media Aplikasi Tiktok terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah Kelas III SD Negeri 122345 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1456–1468. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8405
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Theo Affany Dhea Purba, Jumaria Sirait, Yanti Arasi Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).