Analisis Tema dan Nilai Pendidikan pada Novel “Kidung Rindu di Tapal Batas” Karya Aguk Irawan MN

Authors

  • Agza Mei Seply Grace Sitanggang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Jumaria Sirait Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Martua Reynhat Sitanggang Gusar Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7925

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tema mayor dan tema minor  yang terdapat  dalam novel “Kidung Rindu di Tapal Batas“ karya Aguk Irawan MN; (2) nilai pendidikan  yang terdapat  dalam novel “Kidung Rindu di Tapal Batas “karya Aguk Irawan MN. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif  kualitatif karena data penelitian dideskriptifkan melihat kenyataan sesungguhnya yaitu dalam bentuk tulisan dan diperoleh pembahasan secara objektif dan mendalam mengenai analisis tema dan nilai pendidikan pada novel “Kidung Rindu di Tapal Batas” Karya Aguk Irawan MN. Hasil Analisis Tema dan Nilai Pendidikan Pada Novel “Kidung Rindu di Tapal Batas” Karya Aguk Irawan MN (1) dua jenis tema (tema mayor dan tema minor) (2) empat nilai pendidikan (nilai religius, nilai moral, nilai sosial, nilai budaya).

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Sitanggang, A. M. S. G. ., Sirait, J. ., & Gusar, M. R. S. . (2022). Analisis Tema dan Nilai Pendidikan pada Novel “Kidung Rindu di Tapal Batas” Karya Aguk Irawan MN . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7763–7785. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7925

Most read articles by the same author(s)