Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7756Abstract
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 091254 Batu Onom. Manfaat penelitian ini dapat mengembangkan dan menambah wawasan mengenai model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitatif dengan design penelitian quasi eksperimental design tipe non equivalent control group dsign. Dalam penelitian ini jumlah populasi adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 091254 Batu Onom dan siswa kelas IV SD Negeri 122345 Pematangsiantar dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Tahap uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test. Dalam proses perhitungan menggunakan proses perhitungan menggunakan bantuan program SPSS 25.0 for windows. Berdasarkan hasil uji independen sample test menunjukkan bahwa nilai taraf signifikan 0,000 < 0,05 dengan thitung > ttabel, dimana 9,197 > 2,002 maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 091254 Batu Onom pada tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 sumber energi pembelajaran 1,2,dan 3.Downloads
Published
2022-10-20
How to Cite
Sianturi, E. I. Y. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6586–6598. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7756
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Esra Indah Yani Sianturi, Rio Parsaoran Napitupulu, Yanti Arasi Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).