Efektivitas Metode Bercerita terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbahasa Anak pada Tema 2 Subtema 2 oleh Siswa Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7973Abstract
Pendidikan di Sekolah Dasar merupakan suatu proses Pendidikan yang paling penting dalam perkembangan siswa. Pendidikan di Indonesia bertujuan untuk membentuk manusia seutuhnya, dan mengembangkan potensi-potensi yang dapat meningkatkan hasil belajar dalam pendidikan. Hasil belajar dapat dijadikan sebagai alat untuk mengetahui apakah siswa berhasil atau tidak dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode bercerita terhadap hasil belajar keterampilan berbahasa anak pada tema 2 subtema 2. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini menggunakan satu kelas tanpa nenggunakan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 124394 Pematangsiantar yang berjumlah 33 orang. Yang terdiri dari 19 laki laki dan 14 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa pilihan berganda untuk mengukur hasil belajar sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) skor rata-rata tes kemampuan awal siswa sebelum menggunakan metode bercerita 68,18 dengan standar deviasi 13,625 edangkan skor rata-rata sesudah menggunakan metode bercerita adalah 75, 00 dengan standar deviasi 10,308 . Perolehan nilai thitung > ttabel (4,734 > 2,036) maka Ha ditolak Ho diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa metode bercerita efektiv digunakan pada tema 2 subtema 2 oleh siswa kelas III SD Negeri 124394 Pematangsiantar.Downloads
Published
2022-10-26
How to Cite
Manullang, M. ., Sirait, J. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Efektivitas Metode Bercerita terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbahasa Anak pada Tema 2 Subtema 2 oleh Siswa Kelas III SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7979–7989. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7973
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Meliana Manullang, Jumaria Sirait, Yanti Arasi Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).