Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman Kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya

Authors

  • Narana Tanjung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lisbet Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9091

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1.untuk mengetahui ada atau tidak Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Subtema Kebersaman Dalam Keberagaman Kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yaitu jenis pre Eksperimental Design. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu jenis One Group Pretest-Posttest Design. Dengan penelitian ini, hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan (treatment) dan sesudah diberi perlakuan. dengan populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 091522 Marubun JayaT.A 2021/2022. Insturumen yang digunakan adalah Pretest-Posttest dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dan  Memberikan posttest untuk mengukur variabel terikat setelah perlakuan dilakukan. Data analisis menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian pada taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Sub Tema Kebersamaan Dalam Keberagamandengan perolehan koefisien regresi bernilai positif sebesar0,068.

Downloads

Published

2022-11-19

How to Cite

Tanjung, N. ., Purba, N. A. ., & Sihombing, L. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman Kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5101–5109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9091

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>