Pengaruh Media Diorama terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh di Kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya

Authors

  • Noria Willabora Samosir Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Natalina Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9028

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada subtema pentingnya makanan sehat bagi tubuh siswa kelas V SD Negeri 091522 marubun Jaya. hal ini terlihat pada hasil belajar siswa masih banyak tergolong rendah dan masih dibawah kriteria ketuntasan minimal. hal ini terjadi karena media yang digunakan guru sangat monoton dan tidak menarik perhatian siswa untuk lebih semangat belajar. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode one group pretest-posttest design. Pada penelitian dalam pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya dengan jumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka hasil uji hipotesis yang menggunakan non-parametrik uji smirnov  dengan menggunakan SPSS 21 dapat disimpulkan bahwa ( thitung > ttabel ) dengan thitung = 10,33 > ttabel = 2,045. maka  Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media diorma terhadap hasil belajar siswa pada subtema pentingnya makanan sehat bagi tubuh di kelas V SD Negeri 091522 Marubn Jaya.

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Samosir, N. W. ., Purba, N. A. ., & Purba, N. . (2022). Pengaruh Media Diorama terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh di Kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4784–4793. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9028

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>