Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih di Kelas V SD Negeri 122368 Jln Sibatu-Batu Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9015Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran contextual taching and learning terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih siswa kelas V SD Negeri 122368 Jln Sibatu-batu Pematang Siantar. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan design penelitian Pre-Eksperimental Design tipe One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan peneliti menarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar sisswa pada subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih kelas V SD Negeri 122368 Jln Sibatu-batu Pematang Siantar. Kesimpulan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil analisis data yakni hasil perhitungan dengan SPSS Statistic 21 menggunakan memperoleh hasil Paired Differences dilihat bahwa thitung > ttabel. Sehingga dperoleh 16,354 > 2,036. Ini mengartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih maka ha diterima dan h0 ditolak.Downloads
Published
2022-11-18
How to Cite
Simajuntak, . . F. E. S. ., Sinaga, C. V. ., & Thesalonika, E. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih di Kelas V SD Negeri 122368 Jln Sibatu-Batu Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4704–4715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9015
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Friska Erna Sari Simajuntak, Christa Voni Sinaga, Emelda Thesalonika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).