Pengaruh Media Video Animasi pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 122380 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9100Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dan minimnya sarana dan prasarana untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri 122380 Pematangsiantar dan besaran pengaruhnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Metode pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data respon siswa pada angket media video animasi dan minat belajar. Total capaian respon yang diperoleh pada media video animasi dengan rata-rata persentase sebesar 89% dalam kategori sangat baik dan pada minat belajar sebesar 86% kategori sangat baik. Hasil penelitian dengan uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana diperoleh thitung sebesar 4,412. Dan ttabel sebesar 1,734. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel, dan signifikansi 0,00 < 0,05. Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh media video animasi terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 122380 Pematangsiantar.Downloads
Published
2022-11-19
How to Cite
Simatupang, R. T. ., Sinaga, C. V. ., & Thesalonika, E. . (2022). Pengaruh Media Video Animasi pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 122380 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5146–5152. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9100
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Royanta Trimei Simatupang, Christa Voni Sinaga, Emelda Thesalonika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).