Pengaruh Media Konkret terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang di Kelas V SD Negeri 124394 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9147Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media konkret di kelas V, pengaruh yang signifikan media konkret terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media konkret sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dalam bentuk pilihan berganda, dan observasi. Hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan di kelas V maka di dapatkan t hitung memperoleh nilai 15,2 dan t tabel adalah 2,06 sehingga hasilnya t hitung > t tabel yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, melalui data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh media konkret terhadap hasil belajar siswa kelas V.Downloads
Published
2022-11-20
How to Cite
Simanjuntak, A. ., Panjaitan, M. ., & Thesalonika, E. . (2022). Pengaruh Media Konkret terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang di Kelas V SD Negeri 124394 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5501–5511. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9147
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Arpita Simanjuntak, Muktar Panjaitan, Emelda Thesalonika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).