Pengaruh Media Konkret terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang di Kelas V SD Negeri 124394 Pematang Siantar

Authors

  • Arpita Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Muktar Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Emelda Thesalonika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9147

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media konkret di kelas V, pengaruh yang signifikan media konkret terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media konkret sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dalam bentuk pilihan berganda, dan observasi. Hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan di kelas V maka di dapatkan t hitung memperoleh nilai 15,2 dan t tabel adalah 2,06 sehingga hasilnya t hitung > t tabel yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, melalui data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh media konkret terhadap hasil belajar siswa kelas V.

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Simanjuntak, A. ., Panjaitan, M. ., & Thesalonika, E. . (2022). Pengaruh Media Konkret terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang di Kelas V SD Negeri 124394 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5501–5511. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9147

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>