Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Berbasis Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan

Authors

  • Grescya Saragih Universitas HKBP Nommensen
  • Emelda Thesalonika Universitas HKBP Nommensen
  • Sotarduga Sihombing Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7928

Abstract

Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan metode One Group ekspperimental. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan power point berbasis interaktif sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran pada tema 4. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 091465 Parapat yang berjumlah 32 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu tes dan angket, dan penelitian ini menggunakan uju Chi-Square (Chi-Kuadrat). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh terhadap media pembelajaran power point berbasis interaktif terhadap hasil belajar pada tema 4 subtema 2 di kelas IV SD Negeri 091465 Parapat. Hal tersebut dilat dari nilai posttest dan hasil angket. Dimana nilai rata-rata posttest sebesar 85,9 dan hasil tersebut masuk dalam katetori baik sekali. Chi-Square hitung  pada Media pembelajaran 1,25  dan Chi-Square tabel 3,84 dan nilai Chi-Square hitung Hasil belajar 0,000 dan Chi-Square tabel 3,84. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran power point berbasis interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 091465 Parapat Tahun Ajaran 2022/2023. Karena hilai Chi-Square Hitung lebih < dari nilai Chi-Square Tabel pada media pembelajaran dan hasil belajar.

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Saragih, G. ., Thesalonika, E. ., & Sihombing, S. . (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Berbasis Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7786–7796. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7928

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>