Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Berbasis Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7928Abstract
Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan metode One Group ekspperimental. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan power point berbasis interaktif sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran pada tema 4. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 091465 Parapat yang berjumlah 32 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu tes dan angket, dan penelitian ini menggunakan uju Chi-Square (Chi-Kuadrat). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh terhadap media pembelajaran power point berbasis interaktif terhadap hasil belajar pada tema 4 subtema 2 di kelas IV SD Negeri 091465 Parapat. Hal tersebut dilat dari nilai posttest dan hasil angket. Dimana nilai rata-rata posttest sebesar 85,9 dan hasil tersebut masuk dalam katetori baik sekali. Chi-Square hitung pada Media pembelajaran 1,25 dan Chi-Square tabel 3,84 dan nilai Chi-Square hitung Hasil belajar 0,000 dan Chi-Square tabel 3,84. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran power point berbasis interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 091465 Parapat Tahun Ajaran 2022/2023. Karena hilai Chi-Square Hitung lebih < dari nilai Chi-Square Tabel pada media pembelajaran dan hasil belajar.Downloads
Published
2022-10-25
How to Cite
Saragih, G. ., Thesalonika, E. ., & Sihombing, S. . (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Berbasis Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7786–7796. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7928
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Grescya Saragih, Emelda Thesalonika, Sotarduga Sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).