Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V UPTD SD Negeri 122345 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8520Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar tema pada siswa kelas V SD Negeri 122345 Jl. Thamrin Pematang Siantar pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 122345 Pematangsiantar yang terletak di Jl. Thamrin di Kecamatan Sintang Timur Kota Pematangsiantar. Bentuk penyelidikan ini adalah kuantitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas lima. Kelas sampel VA SD Negeri 122345 Pematang Siantar berjumlah 19 siswa. Dalam penelitian kuantitatif, instrumen penelitian dapat berupa observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Berdasarkan nilai t hitung dengan dk17 pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai ttabel sebesar 2,11. Sehingga diketahui bahwa thitung sebesar 2,964 dan ttabel sebesar 2,11 maka Ha diterima dengan interpretasi “terdapat pengaruh yang cukup menguntungkan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tema di kelas V UPTD SD Negeri 122345 Pematang Siantar T.A 2022/2023”. Hasil uji-f yang bertujuan untuk menguji pengaruh antusias belajar siswa terhadap hasil belajar tema pada kelas V di UPTD SD Negeri 122345 Pematang Siantar adalah signifikan. Hasil uji F yang patut diperhatikan adalah 8.787. Sekitar 34% varians hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh perbedaan variabel minat belajar. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat 66% variabel atau faktor tambahan yang mempengaruhi hasil belajar.Downloads
Published
2022-11-08
How to Cite
Silaban, S. O. ., Sinaga, C. V. ., & Thesalonika, E. . (2022). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V UPTD SD Negeri 122345 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2158–2169. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8520
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Silvani Oktavia Silaban, Christa Voni Sinaga, Emelda Thesalonika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).