Pengaruh Pojok Baca terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas V SDN 091254 Batu Onom
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7725Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengaruh pojok baca terhadap minat membaca siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pojok baca terhadap minat baca siswa SDN 091254 Batu Onom dan besaran pengaruhnya. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil uji analisis regresi linear sederhana diketahui t hitung sebesar 5,341. Nilai t pada tabel statistik dengan signifikansi 0,05 dengan df= n-2 atau 30-2=28 adalah sebesar 2,048. Karena t hitung (5,341) > t tabel (2,048) maka pojok baca berpengaruh terhadap minat baca. Nilai R^2 (R Square) adalah 0,505, maka sumbangan pengaruh dari variabel pojok baca terhadap minat baca adalah sebesar 50,5% sedangkan sisanya 49,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulannya, terdapat pengaruh penerapan pojok baca terhadap peningkatan minat baca siswa kelas V SDN 091254 Batu Onom sebesar 50,5%.Downloads
Published
2022-10-20
How to Cite
Sinaga, I. F. ., Sinaga, C. V. R. ., & Thesalonika, E. . (2022). Pengaruh Pojok Baca terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas V SDN 091254 Batu Onom . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6417–6427. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7725
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Icca Fransiska Sinaga, Christa Voni Roulina Sinaga, Emelda Thesalonika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).