Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7126Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan One Group Pretest-Postest. Variabel bebas dalam penelitian dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kelas IV. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 095130 Senio Bangun yang berjumlah 19 siswa. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dalam bentuk pilihan ganda dan observasi. Hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan di kelas IV maka didapatkan memperoleh nilai 7,185 dan adalah 3,272 sehingga hasilnya yang artinya diterima dan ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD.Downloads
Published
2022-09-29
How to Cite
Sihombing, E. A. D. ., Panjaitan, M. ., & Thesalonika, E. . (2022). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3400–3404. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7126
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ester Ayu Dewi Sihombing, Muktar Panjaitan, Emelda Thesalonika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).