Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 2 Subtema 3 Kelas V SD Swasta HKBP Tomuan

Authors

  • Diana Falentina Simamora HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Christa Voni Sinaga HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Emelda Thesalonika HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8115

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran  Kooperatif Tipe Make A Match  Terhadap Hasil Belajar  Siswa Pada Tema 2 Subtema 3 Kelas V Sd Swasta Hkbp Tomuan T.A 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Bentuk desain penelitiannya adalah Pre-eksperimental Designs dengan tipe one grup pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta HKBP Tomuan T.A 2022/2023 sebanyak 36 siswa. Sedangkan teknik sampel yang digunakan yaitu total sampling dengan dua variabel penelitian yaitu: variabel terikat (x) berupa hasil belajar siswa, serta variabel bebas (y) berupa Model Model Pembelajaran  Kooperatif Tipe Make A Match. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes. Hasil penelitian terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini diukur dari hasil nilai rata-rata siswa yang semula 69,56 dan setelah diberlakukan model pembelajaran kooperatif tipe make a match naik menjadi 82,22. Hasil perhitungan dengan dilakukan Uji Paired Samples T-Test dengan taraf signifikansi yang diperoleh 0,00 < 0,05. Maka kesimpulannya adalah Ha diterima yaitu terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Siswa Kelas V SD Swasta HKBP Tomuan.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Simamora, D. F. ., Sinaga, C. V. ., & Thesalonika, E. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 2 Subtema 3 Kelas V SD Swasta HKBP Tomuan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 50–61. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8115

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>