Pengaruh Model Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Pekerjaan di Sekitarku Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 121309 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8821Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Snowball Throwing Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada pembelajaran Subtema Pekerjaan di Sekitarku di UPTD SD Negeri 121309 Pematangsiantar atau tidak. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini, (1) ada pengaruh penerapan model Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema Pekerjaan di Sekitarku di UPTD SD Negeri 121309 Pematangsiantar (H1) dan tidak ada pengaruh penerapan model Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema Pekerjaan di Sekitarku di UPTD SD Negeri 121309 Pematangsiantar (HO). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPTD SD Negeri 121309 Pematangsiantar yang berjumlah 30 siswa. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 10,387 dengan taraf signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran pembelajaran Subtema Pekerjaan di Sekitarku di UPTD SD Negeri 121309 Pematangsiantar subtema H1 diterima dan HO ditolak.Downloads
Published
2022-11-14
How to Cite
Sipayung, R. M. ., Purba, N. A. ., & Siregar, J. . (2022). Pengaruh Model Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Pekerjaan di Sekitarku Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 121309 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3714–3725. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8821
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Riyani Merlina Sipayung, Nancy Angelia Purba, Junifer Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).