Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Manfaat Energi Siswa Kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8820Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Make a match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi subtema manfaat energi siswa kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya atau tidak. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini, ada pengaruh penerapan model make a match terhadap hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi subtema manfaat energi siswa kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya (Ha) dan tidak ada pengaruh penerapan model pembelajaran Make a match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi subtema manfaat energi siswa kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya (HO). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian yang menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 121309 Marubun Jaya yang berjumlah 30 siswa. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji prasyarat analisis. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 10,387 dengan taraf signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Make a match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi subtema manfaat energi siswa kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya Ha diterima dan HO ditolak.Downloads
Published
2022-11-14
How to Cite
Sinaga, M. S. ., Sinaga, M. S. ., Purba, N. ., & Siregar, J. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Manfaat Energi Siswa Kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3704–3713. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8820
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Meyrevanie Sicilia Sinaga, Natalina Purba, Junifer Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).