Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Manfaat Energi Siswa Kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya

Authors

  • Meyrevanie Sicilia Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Meyrevanie Sicilia Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Natalina Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Junifer Siregar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8820

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran  Make a match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi subtema manfaat energi  siswa kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya atau tidak. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini, ada pengaruh penerapan  model make a match terhadap hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi subtema manfaat energi  siswa kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya (Ha) dan tidak ada pengaruh penerapan model  pembelajaran Make a match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi subtema manfaat energi  siswa kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya (HO). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian yang menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 121309 Marubun Jaya yang berjumlah 30 siswa. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji prasyarat analisis. Berdasarkan  hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 10,387 dengan taraf signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh  model pembelajaran Make a match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi subtema manfaat energi siswa kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya Ha diterima dan HO ditolak.  

Downloads

Published

2022-11-14

How to Cite

Sinaga, M. S. ., Sinaga, M. S. ., Purba, N. ., & Siregar, J. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Manfaat Energi Siswa Kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3704–3713. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8820

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>