Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Kreativitas Siswa Kelas I pada Pembelajaran Subtema 4 Kebersamaan dalam Keluarga di SD Swasta GKPS 1 Rambung MerahPengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Kreativitas Siswa Kelas I pada Pembelajaran Subtema 4
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8117Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media visual berpengaruh terhadap kreativitas siswa kelas 1 pada pembelajaran subtema kebersamaan dalam keluarga di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah atau tidak. Hipotesis dalam penelitian ini ada 2, yaitu: (1) terdapat pengaruh penggunaan media visual terhadap kreativitas siswa (Ha), dan tidak terdapat pengaruh penggunaan media visual terhadap kreativitas siswa (Ho). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah yang berjumlah 30 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda sebanyak 20 butir. Untuk melihat pengaruh dari media visual terhadap kreativitas siswa kelas 1 pada pembelajaran subtema kebersamaan dalam keluarga, maka peneliti melakukan uji hipotesis dengan taraf siginifkan 0,05 atau t tabel = 1,699. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian diperoleh t hitung = 9,635, ini berarti t hitung > t tabel. Berdasarkan hasil hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan media visual terhadap kreativitas siswa pada pembelajaran subtema kebersamaan dalam keluarga di SD swasta GKPS 1 Rambung Merah, Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Downloads
Published
2022-11-01
How to Cite
Simbolon, R. P. ., Lumbantobing, M. ., & Sianturi, C. . L. . (2022). Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Kreativitas Siswa Kelas I pada Pembelajaran Subtema 4 Kebersamaan dalam Keluarga di SD Swasta GKPS 1 Rambung MerahPengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Kreativitas Siswa Kelas I pada Pembelajaran Subtema 4 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 71–79. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8117
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ronauli Paulina Simbolon, Minar Lumbantobing, Canni Loren Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).