Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SD

Authors

  • Yohana Br Siagian Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Minar lumban Tobing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Susy Alestriani Sibagariang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7970

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui adanya dampak pengaruh yang signifikan antara model belajar kooperatif teknik Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SD Negeri 122355 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Adapaun metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Di mana bentuk desain ekperimen yang peneliti gunakan yaitu pre-experimentaldesig. Berdasarkan hasil peneltian yang telah dilakukan dan pengolahan data penelitian di SD Negeri 122355 Pematang Siantar berupa pretest dan posttestpada pre-experimetaldesign bentuk one-group pretest-posttestdesaign, diperoleh hasil adanya pengaruh yang signifikan antara model belajar kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Di Kelas IV SD Negeri 122355 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Dan siswa mengalami perubahan hasil belajar setelah diberikan pembelajaran pada tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku dengan teknik Jigsaw.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Siagian, Y. B. ., Tobing, M. lumban ., & Sibagariang, S. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7959–7967. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7970