Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Organ Gerak Manusia di Kelas V SD

Authors

  • Diwara Ayunda Universitas HKBP Nommensen
  • Minar Lumbantobing Universitas HKBP Nommensen
  • Lasma Siagian Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7576

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Organ Gerak Manusia Di Kelas V Sd Negeri 091263 Karang Sari Tahun Ajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental (pra-eksperimental design) yang terdiri dari kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dan sampel yang digunakan adalah 30 orang siswa pada SD Negeri 091263 Karang Sari. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampling random dengan dua variabel penelitian yaitu: variabel terikat berupa hasil belajar siswa, serta variabel bebas berupa metode Demonstrasi. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes. Hasil pengujian hipotesis menggunakan teknik uji-t peried sample t tes dengan bantuan program SPSS versi 21, berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa setelah diketahui nilai t_hitung 5,784. Dengan frekuensi (dk) sebesar 30-1= 29 pada taraf signifikansi a = 0,05 maka diperoleh t_tabel  2,04. Maka diperoleh t_hitung > t_tabel 5,784 > 2,04. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka ada pengaruh dalam penggunan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran tema 2 organ gerak hewan dan manusia subtema 1 organ gerak manusia di SD Negeri 091263 Karang Sari.

Downloads

Published

2022-10-16

How to Cite

Ayunda, D. ., Lumbantobing, M. ., & Siagian, L. . (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Organ Gerak Manusia di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5691–5701. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7576

Most read articles by the same author(s)