Hubungan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI pada Materi Bangun Ruang Kubus di UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar T.A 2022/2023

Authors

  • Roni Parningotan Banjarnahor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Minar T. Lumbantobing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Susy Alestriani Sibagariang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8661

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan salah satu bidang studi yang ada pada semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Adapun masalah dalam penelitian ini Adakah Hubungan Model Pembelajaran Pemecahan masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa kelas VI pada materi bangun ruang kubus di UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Hubungan Model Pembelajaran Pemecahan masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa kelas VI pada materi bangun ruang kubus di UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimen. Desain penelitian yang digunakan pada quasy experiment ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar dengan tehnik pengambilan sampel adalah non probability sampling (sampel tanpa acak). Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIA berjumlah 16 siswa dan kelas VIB berjumlah 15 siswa. Pada kelas VIA sebagai kelas kontrol menggunakan metode diskusi dan kelas VIB sebagai kelas eksperimen menggunakan model problem solving. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dalam bentuk esay dan dokmentasi. Hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan thitung memperoleh nilai 2,063 dan ttabel adalah 2,045 sehingga hasilnya thitung > ttabel yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada Hubungan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Pada Materi Bangun Ruang Kubus Di UPTD Sd Negeri 122368 Pematangsiantar T.A 2022/2023.

Downloads

Published

2022-11-11

How to Cite

Banjarnahor, R. P. ., Lumbantobing, M. T. ., & Sibagariang, S. A. . (2022). Hubungan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI pada Materi Bangun Ruang Kubus di UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar T.A 2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2885–2899. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8661

Most read articles by the same author(s)