Hubungan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI pada Materi Bangun Ruang Kubus di UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar T.A 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8661Abstract
Pembelajaran matematika merupakan salah satu bidang studi yang ada pada semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Adapun masalah dalam penelitian ini Adakah Hubungan Model Pembelajaran Pemecahan masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa kelas VI pada materi bangun ruang kubus di UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Hubungan Model Pembelajaran Pemecahan masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa kelas VI pada materi bangun ruang kubus di UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimen. Desain penelitian yang digunakan pada quasy experiment ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar dengan tehnik pengambilan sampel adalah non probability sampling (sampel tanpa acak). Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIA berjumlah 16 siswa dan kelas VIB berjumlah 15 siswa. Pada kelas VIA sebagai kelas kontrol menggunakan metode diskusi dan kelas VIB sebagai kelas eksperimen menggunakan model problem solving. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dalam bentuk esay dan dokmentasi. Hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan thitung memperoleh nilai 2,063 dan ttabel adalah 2,045 sehingga hasilnya thitung > ttabel yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada Hubungan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Pada Materi Bangun Ruang Kubus Di UPTD Sd Negeri 122368 Pematangsiantar T.A 2022/2023.Downloads
Published
2022-11-11
How to Cite
Banjarnahor, R. P. ., Lumbantobing, M. T. ., & Sibagariang, S. A. . (2022). Hubungan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI pada Materi Bangun Ruang Kubus di UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar T.A 2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2885–2899. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8661
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Roni Parningotan Banjarnahor, Minar T. Lumbantobing, Susy Alestriani Sibagariang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).