Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 3 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku di Kelas IV UPTD SD Negeri 122390 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8240Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 3 subtema 1 hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku di kelas IV UPTD SD Negeri 122390 Pematang Siantar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, yang menggunakan metode eksperimen. Penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Eksperimental bentuk One Group Pretest-Posttest Design. menjadi sampel penelitian ini adalah kelas IV-A berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pretest dan tes postest yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas. Hasil penelitian pada taraf 0,05 menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 3 subtema 1 hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku di kelas IV UPTD SD Negeri 122390 Pematang Siantar. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan hasil analisis data nilai posttest dengan menggunakan uji-t di dapat thitung > ttabel yaitu dengan nilai 14,714 > 2,04523 maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning daripada peningkatan hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran discovery learning. Perubahan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning membuat siswa lebih aktif berfikir dan memahami materi yang disajikan, serta meningkatkan rasa ingin tahu siswa dalam mencari dan menemukan informasi sendiri, dibandingkan dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning.Downloads
Published
2022-11-03
How to Cite
Pasaribu, C. F. ., Manurung, S. ., & Napitupulu, R. P. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 3 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku di Kelas IV UPTD SD Negeri 122390 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 718–729. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8240
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Christina Febriyanti Pasaribu, Suprapto Manurung, Rio Parsaoran Napitupulu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).