Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 3 Bagian-Bagian Tumbuhan Beserta Fungsinya di Kelas IV SD Swasta HKBP Tomuan Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7854Abstract
Banyak proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak menggunakan teknik pengajaran dan media pembelajaran yang baik sehingga hasil belajar tidak tercapai dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh media gambar terhadap hasil belajar siswa pada tema 3 Bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya di Kelas IV SD Swasta HKBP Tomuan Pematangsiantar. Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Kuantitatif, yang menyatakan bahwa penelitaian kuantitatif merupakan penelitian yang berupa angka-angka serta analisisnya menggunakan statistik. Desain penelitian yang akan digunakan yaitu eksperimen, dengan bentuk Pre-Experimental Design. Setelah melihat jumlah populasi penelitian yang berjumlah kurang dari 100 orang, maka sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil uji dan analisis data yang telah dilakukan. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penelitian ini dari data yang sudah diujikan datanya dapat dilihat dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada pre-test (47,50) dan post-test (81,72). Hasil penelitian pada taraf 0,05 Berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, dimana H_0 ditolak dan H_aditerima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Swasta HKBP Tomuan Tahun ajaran 2022/2023.Downloads
Published
2022-10-23
How to Cite
Simanjuntak, F. N. ., Manurung, S. ., & Napitupulu, R. P. . (2022). Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 3 Bagian-Bagian Tumbuhan Beserta Fungsinya di Kelas IV SD Swasta HKBP Tomuan Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7083–7093. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7854
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fajar Ningsih Simanjuntak, Suprapto Manurung, Rio Parsaoran Napitupulu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).