\Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 di Kelas V SDN 124405 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8763Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh model pembelajran picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada tema 5 subtema 1 komponen ekosistem dikelas V SD Negeri 124405 pematangsiantar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Dengan bentuk pre-experimental design. Setelah melihat jumlah populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa.. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penelitian ini dari data yang sudah di ujikan datanya dapat dilihat sig (2 tailend) 0,5 maka Ha di terima dan Ho ditolak, artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture lebih meningkat. Terdapat perubahan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture yaitu siswa lebih aktif berfikir dan belajar dalam mengidentifikasi materi yang di sajikan dalam bentuk gambar, serta meningkatkan minat belajar dan rasa ingin tahu siswa untuk mengidentifikasi gambar apa yang disajikan dalam materi yang disampaikan. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat penggunaan Model pembelajaran picture and picture Terhadap hasil belajar siswa yang dilihat dari peningkatan nilai rata- rata hasil belajar di kelas V SDN 124405 Pematangsiantar.Downloads
Published
2022-11-13
How to Cite
Sirait, I. F. N. ., Manurung, S. ., & Napitupulu, R. P. . (2022). \Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 di Kelas V SDN 124405 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3419–3430. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8763
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Indah Flora Novidia Sirait, Suprapto Manurung, Rio Parsaoran Napitupulu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).