Pengaruh Media Pembelajaran Powerpoint terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7629Abstract
Kurangnya Penggunaan media Pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dan teknik pengajaran guru yang secara sederhana membuat hasil belajar tidak tercapai dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema 1 subtema 1 pembelajaran 2 di UPTD SD Negeri 122353 Pematangsiantar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Kuantitatif, yang menggunakan metode Eksperimen. Penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas V SD Negeri 122353 Pematangsiantar yang berjumlah 58 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas V-A berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pretest dan tes posttest yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yaitu adanya pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 subtema 1 pembelajaran 2 di UPTD SD Negeri 122353 Pematangsiantar. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan hasil analisis data nilai posttest dengan menggunakan uji-t di dapat thitung > ttabel yaitu dengan nilai 12,076 >2,09302 maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan antara peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media powerpoint dari pada peningkatan hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan media powerpoint. Perubahan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media powerpoint membuat siswa lebih aktif berfikir dan memahami materi pembelajaran yang disajikan dalam slide powerpoint karena menggunakan gambar yang menarik, dibanding dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media powerpoint.Downloads
Published
2022-10-18
How to Cite
Simbolon, M. D. H. ., Manurung, S. ., & Napitupulu, R. P. . (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Powerpoint terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5920–5930. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7629
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Maretha Dini Hari Simbolon, Suprapto Manurung, Rio Parsaoran Napitupulu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).