Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 3 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku di Kelas IV UPTD SD Negeri 122390 Pematang Siantar

Authors

  • Christina Febriyanti Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Suprapto Manurung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 3 subtema 1 hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku di kelas IV UPTD SD Negeri 122390 Pematang Siantar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, yang menggunakan metode eksperimen. Penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Eksperimental bentuk One Group Pretest-Posttest Design. menjadi sampel penelitian ini adalah kelas IV-A berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pretest dan tes postest yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas. Hasil penelitian pada taraf 0,05 menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 3 subtema 1 hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku di kelas IV UPTD SD Negeri 122390 Pematang Siantar. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan hasil analisis data nilai posttest dengan menggunakan uji-t di dapat thitung > ttabel yaitu dengan nilai 14,714 > 2,04523 maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning daripada peningkatan hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran discovery learning. Perubahan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning membuat siswa lebih aktif berfikir dan memahami materi yang disajikan, serta meningkatkan rasa ingin tahu siswa dalam mencari dan menemukan informasi sendiri, dibandingkan dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Pasaribu, C. F. ., Manurung, S. ., & Napitupulu, R. P. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 3 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku di Kelas IV UPTD SD Negeri 122390 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 718–729. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8240