Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Sub Tema 1 Organ Gerak Hewan di SD Negeri 091465 Parapat

Authors

  • Lestari Sartika Butarbutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Suprapto Manurung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7972

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar kelas V tema 1 organ gerak hewan dan manusia sub tema 1 organ gerak hewan di SD Negeri 091465 Parapat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto.  Istilah ex post facto terdiri dari 3 kata yaitu ex yaitu pengamatan, post artinya sesudah, dan facto artinya fakta atau kejadian. Sehingga arti dari ex post facto merupakan pengamatan yang dilakukan setelah fakta terjadi. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 091465 Parapat yang berjumlah 30 siswa, dimana laki-laki berjumlah 15 dan perempuan berjumlah 15. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pengujian hipotesis dimana sig 0,004 < 0,05 dengan thitung > ttabel yaitu 3,119 > 2,0408. Dalam hal ini H0 ditolak dan Ha diterima menunjukkan bahwa perhatian orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Butarbutar, L. S. ., Manurung, S. ., & Napitupulu, R. P. . (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Sub Tema 1 Organ Gerak Hewan di SD Negeri 091465 Parapat . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7968–7978. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7972

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>