Analisis Konteks dan Kohesi pada Lagu “Tondi-Tondiku” Dipopulerkan Style Voice dan Lagu “Boru Buha Baju” Dipopulerkan Arvindo Simatupang

Authors

  • Krisyanto Krisyanto Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Junifer Siregar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Monalisa Frince Sianturi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8823

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur konteks yang terdapat pada  lagu “Tondi-Tondiku” dipopulerkan Style Voice dan “Boru Buha Baju” dipopulerkan Arvindo Simatupang. Serta mengetahui unsur kohesi gramatikal yang terdapat pada lagu “ Tondi-Tondiku” dipopulerkan Style Voice dan “Boru Buha Baju” dipopulerkan Arvindo Simatupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu sumber primer, dan sumber skunder. Hasil penelitian unsur konteks dan kohesi yang terdapat pada lagu “Tondi-tondiku” yang dipoulerkan oleh Style Voice yaitu pada unsur konteks terdapat setting pada lirik lagu Diida ho diportibion, participant pada lirik lagu au do baoa na parjolo,acsequences pada lirik lagu unang mandele ho pada lirik lagu ke 12-18, ends pada lirik lagu sai dapot ho ma haduan lirik lagu ke 22-23, keys pada lirik lagu unang hubegei ho tangis lirik lagu ke 17-21, instrumentalities yaitu menggunakan jalur lisan dan tulisan, norms yaitu pada lirik lagu ho do gabe panggoaranki lirik lagu ke 8-9, genres pada lirik lagu sai dapot ho ma haduan lirik lagu ke 22-24.. Unsur kohesi terdapat referensi pada lirik lagu boru panggoaran lirik lagu ke 6-7, substitusi pada lirik lagu ke 11-12, elipsis pada lirik lagu ho do boru hasianku, konjungsi pada lirik lagu ke 3-4, reiterasi pada lirik lagu 1-6, kolokasi pada lirik lagu 19-20.

Downloads

Published

2022-11-14

How to Cite

Krisyanto, K., Siregar, J. ., & Sianturi, M. F. . (2022). Analisis Konteks dan Kohesi pada Lagu “Tondi-Tondiku” Dipopulerkan Style Voice dan Lagu “Boru Buha Baju” Dipopulerkan Arvindo Simatupang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3737–3751. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8823

Most read articles by the same author(s)