Pengaruh Media Kolase terhadap Hasil Belajar pada Subtema Giat Berusaha Meraih Cita-citaku Siswa kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7630Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Media Kolase terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada Subtema Giat Berusaha Meraih Cita-cita di SD Negeri 094108 Marjanji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode experiment dengan desain penelitian pre-experimental one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 094108 Marjanji dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Data ini dianalisis dengan bantuan SPSS 23. Hasil uji hipotesis ini didapat dari hasil manual yang dimana hasil thitung 20,29 > ttabel 2,04. Melaui data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat pengaruh pada penggunaan pembelajaran Media Kolase terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 094108 Marjanji.Downloads
Published
2022-10-18
How to Cite
Sinaga, Y. ., Purba, N. A. ., & Siregar, J. . (2022). Pengaruh Media Kolase terhadap Hasil Belajar pada Subtema Giat Berusaha Meraih Cita-citaku Siswa kelas IV . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5931–5941. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7630
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yosia Sinaga, Nancy Angelia Purba, Junifer Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).