Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh Kelas V SD

Authors

  • Maherni Sitepu Universitas HKBP Nommensen
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen
  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7757

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh kelas v dengan model pembelajaran TGT. Penelitian ini adalah jenis metode penelitian kuantitatif melalui pendekatan penelitian pre-experimental. Penelitian ini menggunakan dua bentuk design yaitu one-group pre-test dan post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 091254 Batu Onom dengan jumlah 30 siswa tahun ajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat nilai rata-rata pre-test yaitu 52.83. Kemudian meningkat pada nilai rata-rata post-test yaitu 73.50 dengan menggunakan model teams games tournament (tgt) terhadap hasil belajar siswa kelas v. Tahap uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Sedangkan uji hipotesis (uji-t) menggunakan uji paired samples test. Dalam proses perhitungan menggunakan bantuan program SPSS 25.0 for windows. Hasil perbandingan  pretest dan posttest memiliki nilai sig sebesar  0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 . Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara nilai rata-rata pre-test dan post-test terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 091254 Batu Onom pada tema 3Makanan Sehat subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh pembelajaran 1,2 dan 3.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Sitepu, M. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh Kelas V SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6599–6606. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7757

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>