Pengaruh Pojok Baca terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas V SDN 091254 Batu Onom

Authors

  • Icca Fransiska Sinaga Universitas HKBP Nommensen
  • Christa Voni Roulina Sinaga Universitas HKBP Nommensen
  • Emelda Thesalonika Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7725

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh pojok baca terhadap minat membaca siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pojok baca terhadap minat baca siswa SDN 091254 Batu Onom dan besaran pengaruhnya. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil uji analisis regresi linear sederhana diketahui t hitung sebesar 5,341. Nilai t pada tabel statistik dengan signifikansi 0,05 dengan    df= n-2 atau 30-2=28 adalah sebesar 2,048. Karena t hitung (5,341) > t tabel (2,048) maka pojok baca berpengaruh terhadap minat baca. Nilai R^2 (R Square) adalah 0,505, maka sumbangan pengaruh dari variabel pojok baca terhadap minat baca adalah sebesar 50,5% sedangkan sisanya 49,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulannya, terdapat pengaruh penerapan pojok baca terhadap peningkatan minat baca siswa kelas V SDN 091254 Batu Onom sebesar 50,5%.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Sinaga, I. F. ., Sinaga, C. V. R. ., & Thesalonika, E. . (2022). Pengaruh Pojok Baca terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas V SDN 091254 Batu Onom . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6417–6427. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7725