Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Menggunakan Metode Mind Map Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 200205 Padangsidimpuan

Authors

  • Nurdalilah Nurdalillah Universitas Graha Nusantara
  • Adek Nilasari Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Susi Sulastri Lubis Universitas Graha Nusantara
  • Ramadhan Saleh Sikumbang Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12502

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika Bangun Ruang menggunakan metode mind map pada siswa kelas IV SD N 200205 Padangsidimpuan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses Penelitian yang digunakan adalah penelitian yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart yang menggunakan siklus sistem spiral yang maing-masing siklus terdiri dari rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan yang berjumlah 31 orang. Sedangkan obyek penelitian adalah keseluruhan proses pada penerapan metode Mind Map di SD Negeri 200205 Padangsidimpuan. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes akhir siklus dan dokumentasi. Untuk analisis data kuantitatif diolah dengan rumus-rumus statistik, sedangkan analisis data kualitatif dilakukan dengan mendeskripsikan seluruh data yang tersedia dari lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode Mind Map mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar Matematika siswa kelas IV sebesar 42,16%. Selain itu dari hasil analisis data observasi mengalami peningkatan yaitu dari 45,7% aspek terpenuhi menjadi 82,7% aspek. Karena pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, maka diharapkan guru dapat menerapkan pembelajaran tersebut.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Nurdalillah, N., Harahap, A. N. ., Lubis, S. S. ., & Sikumbang, R. S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Menggunakan Metode Mind Map Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 200205 Padangsidimpuan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1–6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12502