Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar pada Sub Tema Manfaat Energi di Kelas IV SD Negeri 096113 Tanjung Saribu T.A 2022/2023

Authors

  • Eduard F. Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Minar Lumban Tobing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lasma Siagian Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8007

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Pada Sub Tema Manfaat Energi di Kelas IV Sd Negeri 096113 Tanjung Saribu Tahun Ajaran 2022/2023. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperiment (pre-eksperimental sering disebut dengan istilah One Group Pretest Postest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan empat tahapan, yaitu (1) tes awal (pretest), (2) pemberian perlakuan (treatment), (3) tes akhir (posttest), (4) Dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan uji normalitas menggunakan program SPPS V21, dan uji hipotesis. Rata- rata nilai pretest dan posttest siswa adalah 47.333 dan 81.833. Hasil uji hipotesis terhadap hasil data pretest-posttest diperoleh thitung>ttabel atau 5,53 > 1,699. Sehingga diambil keputusan bahwa HO ditolak dan Ha diterima. Keputusan ini menyatakan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada sub tema manfaat energi di SD Negeri 096113 Tanjung Saribu T.A 2022/2023.

Downloads

Published

2022-10-27

How to Cite

Sidabutar, E. F. ., Tobing, M. L. ., & Siagian, L. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar pada Sub Tema Manfaat Energi di Kelas IV SD Negeri 096113 Tanjung Saribu T.A 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8173–8182. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8007