Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar pada Sub Tema Manfaat Energi di Kelas IV SD Negeri 096113 Tanjung Saribu T.A 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8007Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Pada Sub Tema Manfaat Energi di Kelas IV Sd Negeri 096113 Tanjung Saribu Tahun Ajaran 2022/2023. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperiment (pre-eksperimental sering disebut dengan istilah One Group Pretest Postest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan empat tahapan, yaitu (1) tes awal (pretest), (2) pemberian perlakuan (treatment), (3) tes akhir (posttest), (4) Dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan uji normalitas menggunakan program SPPS V21, dan uji hipotesis. Rata- rata nilai pretest dan posttest siswa adalah 47.333 dan 81.833. Hasil uji hipotesis terhadap hasil data pretest-posttest diperoleh thitung>ttabel atau 5,53 > 1,699. Sehingga diambil keputusan bahwa HO ditolak dan Ha diterima. Keputusan ini menyatakan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada sub tema manfaat energi di SD Negeri 096113 Tanjung Saribu T.A 2022/2023.Downloads
Published
2022-10-27
How to Cite
Sidabutar, E. F. ., Tobing, M. L. ., & Siagian, L. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar pada Sub Tema Manfaat Energi di Kelas IV SD Negeri 096113 Tanjung Saribu T.A 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8173–8182. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8007
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Eduard F. Sidabutar, Minar Lumban Tobing, Lasma Siagian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).