Korelasi Antara Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi

Authors

  • Crisna Tiovani Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen
  • Sotarduga Sihombing Universitas HKBP Nommensen
  • Lasma Siagian Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7851

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelatif dan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi yang berjumlah 79 siswa, dengan sampel jenuh atau sensus yaitu sebanyak 79 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner penelitian diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji daya beda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara parsial dan simultan antara Kecerdasan Intelektual (X1) Dan Kecerdasan Emosional (X2) Dengan Prestasi Belajar (Y) Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi.

Downloads

Published

2022-10-23

How to Cite

Simanjuntak, C. T. ., Sihombing, S. ., & Siagian, L. . (2022). Korelasi Antara Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7048–7059. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7851

Most read articles by the same author(s)