Korelasi Antara Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7851Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelatif dan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi yang berjumlah 79 siswa, dengan sampel jenuh atau sensus yaitu sebanyak 79 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner penelitian diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji daya beda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara parsial dan simultan antara Kecerdasan Intelektual (X1) Dan Kecerdasan Emosional (X2) Dengan Prestasi Belajar (Y) Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi.Downloads
Published
2022-10-23
How to Cite
Simanjuntak, C. T. ., Sihombing, S. ., & Siagian, L. . (2022). Korelasi Antara Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7048–7059. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7851
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Crisna Tiovani Simanjuntak, Sotarduga Sihombing, Lasma Siagian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).