Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bangsri
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7257Abstract
Perencanaan karir merupakan suatu aspek yang penting dalam perkembangan karir individu. Ketepatan memilih serta menentukan sebuah keputusan karir menjadi titik penting bagi seorang individu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang masih memiliki perencanaan karir yang masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena siswa masih mengalami kebingungan dalam perencanaan karir yang di alami. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahu efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap perencanaan karir siswa kelas XI SMA N 1 Bangsri. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian true experimental design dengan bentuk pretest-posttest control grup design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 360 siswa kelas XI SMA N 1 Bangsri. Sampel didapat dari hasil pemilihan kelas secara acak dengan teknik cluster random sampling dengan jumlah 36 siswa. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan skala perencanaan karir. Hasil analisis skala psikologis perencanaan karir peserta didik menunjukan bahwa prosentase layanan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok terdapat keefektifan antara bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap perencanaan karir siswa kelas XI SMA N 1 Bangsri. Dengan hasil nilai taraf signifikansi 5% (0,05) yaitu 2,032. Dan diperoleh hasil = 10,443 > 2,032 . maka ditolak dan diterima. Sehingga hipotesis berbunyi “Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Efektif Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bangsri”. Dengan adanya penelitian ini diharapkan agar siswa dapat mengambangkan perencanaan karir dengan maksimal. Serta untuk guru BK diharapkan untuk menindak lanjuti permasalahan ini dengan memperkaya assesment dan kegiatan layanan BK di sekolah.Downloads
Published
2022-10-05
How to Cite
Marom, A. ., Handayani, A. ., & Venty, V. (2022). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bangsri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4091–4098. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7257
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Aufal Marom, Arri Handayani, Venty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).