Hubungan Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 2 Kalimanah

Authors

  • Mita Afriani Universitas PGRI Semarang
  • Suhendri Suhendri Universitas PGRI Semarang
  • Venty Venty Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8234

Abstract

Penelitian Hubungan antara Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kalimanah dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa, hal tersebut dibuktikan rendanya motivasi belajar ditandai dengan daya konsentrasi siswa kurang, enggan mengerjakan tugas, enggan masuk sekolah, semangat belajar yang rendah sehingga nilai siswa kurang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kalimanah? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kalimanah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 286 siswa, yang terdiri dari kelas IX A-I. Teknik pengambilan sampling pada penelitian ini menggunakan teknik stratified proportional random sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak berdasarkan stratifikasi kelas yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil uji korelasi pearson product moment, diperoleh nilai korelasi r hitung 0,789. Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 128 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 0,176. Oleh karena itu, nilai r hitung > r tabel atau 0,789 > 0,176 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kalimanah.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Afriani, . M. ., Suhendri, S., & Venty, V. (2022). Hubungan Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 2 Kalimanah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 681–690. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8234

Most read articles by the same author(s)