Pengembangan Video Pembelajaran Mengenal Kata Melalui Media Power Point untuk Anak Paud Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9266Abstract
Hasil penelitian adalah: 1) guru membutuhkan media pembelajaran yang inovatif melalui gambar dan suaranya. Hal itu mudah dipahami anak dan dapat memotivasi anak, 2) video Power Point ini dibagi menjadi tiga bagian. Pertama bagian awal terdiri dari video salam pembuka. kedua ini memuat pembelajaran kata dengan mencontohkan beberapa kata benda. dan ketiga adalah penutup. media video berbasis power point ini didesain dengan kombinasi warna dan gerak animasi yang menarik, hasil validator menyimpulkan bahwa pengembangan media video pembelajaran dapat digunakan dengan beberapa revisi untuk penyempurnaan.3) pembelajaran mengenal kata melalui media power point layak digunakan dalam pembelajaran anak dan hasilnya lebih baik, 4) pengembangan video pembelajaran mengenal kata melalui media power point lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal kata pada anak usia 4-5 tahun di RA Taufiqiyah dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan uji independen sampel t-test pada equal variance assumed diperoleh nilai Thitung sebesar 6,495 > Ttabel 2,04523 dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. diperoleh nilai mean kemampuan mengenal kata pada anak dengan menggunakan pengembangan video pembelajaran mengenal kata melalui media power point sebesar 85,4 sedangkan kemampuan mengenal kata pada anak dengan metode konvensional sebesar 60,0 (85,4 > 60).Downloads
Published
2022-11-24
How to Cite
Rahmatiningtyas, R. L. ., Ngatmini, N., & Handayani, A. . (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Mengenal Kata Melalui Media Power Point untuk Anak Paud Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6108–6115. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9266
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rizka Laila Rahmatiningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).