Hubungan Kontrol Diri Dalam Pemanfaatan Media Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas IX SMP N 34 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17789Abstract
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi, populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 273 siswa. Sampel penelitian ini mengambil 25% dari populasi sehingga sampel yang digunakan sebanyak 69 orang siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan uji korelasi pearson product moment diperoleh nilai r hitung sebesar -0,518, sedangkan r table untuk jumlah sampel 69 adalah 0,339. Oleh karena itu -0,518 > 0,339 maka dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara kontrol diri dalam pemanfaatan media sosial dengan prokrastinasi akademik kelas IX SMP N 34 Semarang.Hubungan negatif tersebut memiliki arti bahwa jika kontrol diri dalam pemanfaatan media sosial tinggi maka prokrastinasi akademik rendah dan sebaliknya jika kontrol diri dalam pemanfaatan media sosial rendah maka prokrastinasi akademik tinggi.Downloads
Published
2023-08-15
How to Cite
Prastyaningrum, . S. H. ., Handayani, A. ., & Ismah, I. (2023). Hubungan Kontrol Diri Dalam Pemanfaatan Media Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas IX SMP N 34 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 431–437. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17789
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Shafa Hasna Prastyaningrum, Arri Handayani, Ismah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).