PERILAKU ASERTIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 37 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13641Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perilaku asertif peserta didlk kelas VIl SMP Negeri 37 Semarang. Sampel penelitian ini yakni peserta didik kelas VIl dengan jumlah 127 orang (68 laki-laki dan 59 perempuan). Pengumpulan sampel peneliti menggunakan teknik insidential. Penelitian bermetode kuantitatif deskriptif. Instrumen untuk mengukur perilaku asertif diterapkan Simple Rathus Asertiveness Scale dengan jumlah item 30, keseluruhan item valid, koefisien validitas dar 0,331-0,689, koesfisien reabilitas sebesar 0,934. Hasil dari penelitian didapat bahwa perilaku asertif peserta didik kelas VII secara keseluruhan dapat dilihat bahwa 4 peserta didik (3,14%) berkategori sangat rendah, 32 peserta didik (25,19%) berkategori rendah, 68 peserta didik (53,54%) berkategori sedang, 19 peserta didik (14,96%) berkategori tinggi, 4 peserta didik (3,14%) berkategori sangat tinggi. Hasil ini menunjukan bahwa sebagian besar peserta didik masih memiliki perilaku asertif dalam kategori sedang, hal ini tercermin yang masih banyaknya permasalahan mengenai perilaku negatif, maka diperlukan adanya program atau layanan untuk meningkatkan perilaku asertif pada pesertta didik. Kata Kunci: Perilaku Asertif, Peserta DidikDownloads
Published
2023-04-05
How to Cite
Sari, F. K., Venty, V., & Yuliati, K. (2023). PERILAKU ASERTIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 37 SEMARANG. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2698–2703. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13641
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Fatma Kurnia Sari, Venty Venty, Kristina Yuliati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).