PERILAKU ASERTIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 37 SEMARANG

Authors

  • Fatma Kurnia Sari Universitas PGRI Semarang
  • Venty Venty Universitas PGRI Semarang
  • Kristina Yuliati SMP Negeri 37 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13641

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perilaku asertif peserta didlk kelas VIl SMP Negeri 37 Semarang. Sampel penelitian ini yakni peserta didik kelas VIl dengan jumlah 127 orang (68 laki-laki dan 59 perempuan). Pengumpulan sampel peneliti menggunakan teknik insidential. Penelitian bermetode kuantitatif deskriptif. Instrumen untuk mengukur perilaku asertif diterapkan Simple Rathus Asertiveness Scale dengan jumlah item 30, keseluruhan item valid, koefisien validitas dar 0,331-0,689, koesfisien reabilitas sebesar 0,934. Hasil dari penelitian didapat bahwa perilaku asertif peserta didik kelas VII secara keseluruhan dapat dilihat bahwa 4 peserta didik (3,14%) berkategori sangat rendah, 32 peserta didik (25,19%) berkategori rendah, 68 peserta didik (53,54%) berkategori sedang, 19 peserta didik (14,96%) berkategori tinggi, 4 peserta didik (3,14%) berkategori sangat tinggi. Hasil ini menunjukan bahwa sebagian besar peserta didik masih memiliki perilaku asertif dalam kategori sedang, hal ini tercermin yang masih banyaknya permasalahan mengenai perilaku negatif, maka diperlukan adanya program atau layanan untuk meningkatkan perilaku asertif pada pesertta didik. Kata Kunci: Perilaku Asertif, Peserta Didik

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Sari, F. K., Venty, V., & Yuliati, K. (2023). PERILAKU ASERTIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 37 SEMARANG. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2698–2703. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13641

Most read articles by the same author(s)