Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa Kelas X1 di SMA N 10 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13718Abstract
Permasalahan yang dialami oleh siswa kelas X-1 yaitu masih memiliki kemampuan public speaking yang rendah. Hal ini disebabkan oleh adanya rasa cemas dan kurangnya rasa percaya diri saat siswa berada di depan kelas berhadapan dengan teman-temannya. Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan yaitu mengetahui strategi yang dilaksanakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling pada SMA N 10 Semarang dalam meningkatkan kemampuan public speaking siswa kelas X-1. Metode yang digunakan peneliti yaitu deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian yaitu peneliti mengetahui strategi Guru Bimbingan dan Konseling yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan public speaking siswa kelas X-1 dengan memberikan layanan klasikal yang ditindak lanjuti dengan layanan lain yakni bimbingan kelompok. Strategi layanan diberikan oleh Guru Bimbingan dan Konseling pada jam mata pelajaran lain karena pada SMA N 10 Semarang tidak memiliki jam pelajaran khusus untuk mata pelajaran Bimbingan dan Konseling. Kemampuan public speaking memiliki peranan yang sangatlah penting untuk dimiliki oleh siswa karena akan sangat bermanfaat untuk dirinya yakni dapat dijadikan sebagai bekal atau dasar dalam meningkatkan softskill di masa depannya baik untuk nanti di dunia perkuliahan ataupun dunia kerja.Downloads
Published
2023-04-05
How to Cite
Puspita Sari, I. Y. ., Venty, V., & Mursilah, M. (2023). Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa Kelas X1 di SMA N 10 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2739–2743. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13718
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Indah Yuni Puspita Sari, Venty, Mursilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).