Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa Kelas X1 di SMA N 10 Semarang

Authors

  • Indah Yuni Puspita Sari Universitas PGRI Semarang
  • Venty Venty Universitas PGRI Semarang
  • Mursilah Mursilah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13718

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh siswa kelas X-1 yaitu masih memiliki kemampuan public speaking yang rendah. Hal ini disebabkan oleh adanya rasa cemas dan kurangnya rasa percaya diri saat siswa berada di depan kelas berhadapan dengan teman-temannya. Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan yaitu mengetahui strategi yang dilaksanakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling pada SMA N 10 Semarang dalam meningkatkan kemampuan public speaking siswa kelas X-1. Metode yang digunakan peneliti yaitu deskriptif kualitatif.  Adapun hasil dari penelitian yaitu peneliti mengetahui strategi Guru Bimbingan dan Konseling yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan public speaking siswa kelas X-1 dengan memberikan layanan klasikal yang ditindak lanjuti dengan layanan lain yakni bimbingan kelompok. Strategi layanan diberikan oleh Guru Bimbingan dan Konseling pada jam mata pelajaran lain karena pada SMA N 10 Semarang tidak memiliki jam pelajaran khusus untuk mata pelajaran Bimbingan dan Konseling. Kemampuan public speaking memiliki peranan yang sangatlah penting untuk dimiliki oleh siswa karena akan sangat bermanfaat untuk dirinya yakni dapat dijadikan sebagai bekal atau dasar dalam meningkatkan softskill di masa depannya baik untuk nanti di dunia perkuliahan ataupun dunia kerja.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Puspita Sari, I. Y. ., Venty, V., & Mursilah, M. (2023). Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa Kelas X1 di SMA N 10 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2739–2743. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13718