Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Karakter Bertanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Taqwa Al-Hidayah Danto Pada Masa New Normal

Authors

  • Suci Wulandari Universitas Riau
  • Daviq Chairilsyah Universitas Riau
  • Defni Satria Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7112

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi karakter tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Taqwa Al-Hidayah Danto pada masa new normal. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Langkah-langkah yang dilakukan adalah: membuat pernyataan dalam bentuk angket, menguji validitas instrumen angket, melakukan uji reliabilitas terhadap angket yang valid, menyebarkan angket, mengumpulkan data, menganalisis data. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa analisis faktor-faktor yang mempengaruhi karakter tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Taqwa Al-Hidayah Danto masa New Normal ditinjau dari indikator keluarga berada pada kategori cukup, indikator sekolah dalam kategori cukup, indikator masyarakat berada pada kategori cukup. indikator psikologi berada pada kategori cukup, dengan rata-rata keseluruhan sebesar 72,43% berada pada kategori cukup. Sehingga keempatnya cukup jelas menjadi faktor yang mempengaruhi karakter tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Taqwa Al-Hidayah Danto pada masa New Normal.

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Wulandari, . . S. ., Chairilsyah, D. ., & Satria, D. . (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Karakter Bertanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Taqwa Al-Hidayah Danto Pada Masa New Normal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3257–3264. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7112